Thursday, January 3, 2019

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai ROM [Android]

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai ROM [Android]
Bagi para pengguna gadget Android tentu saja dengan kata ROM atau Read Only Memory, beberapa artikel baik luar jua dalam negeri yang sebenarnya sudah banyak yang membahas ini akan tetap jikalau Penulis amati masih begitu para pengguna Android yang sering keliru kaprah akan fungsi ROM itu sendiri . Untuk itu dalam artikel ini, Penulis akan mencoba menjelaskannya dengan lebih praktis memahaminya.

1. lakukan itu ROM.

ROM adalah sebuah perangkat lunak atau piranti lunak dimana sang pembuatnya sebagai dasar sistem operasi yang dapat digunakan untuk perangkat Android (semisalkan Smartphone, Smartwatch, Tablet, dll) untuk memungkinkan bekerja. Untuk mengetahui tahu ROM versi yang perangkat Android (contoh Smartphone) digunakan maka Anda bisa menceknya di "Pengaturan" kemudian "Tentang Telepon", seperti gambar contoh dibawah ini:

* Dapat Anda lihat di atas, bahwa Redmi 2 ini sudah memakai Android versi 4.4.4 (KitKat) menggunakan versi ROM stok MIUI 6.6.6.0 (KHJMICF) | Stabil. ROM tersebut sebelumnya sudah Pembaruan Penulis karena produksi awal Redmi 2 versi pakai dibawahnya.

Ada 2 versi ROM yang dikenal dalam Android yaitu ROM saham dan ROM khusus serta penulis untuk Anda. Stock ROM adalah ROM yang resmi Dilengkapi pihak produsen, perbarui yang ada untuk ROM yang sudah sesuai dengan perangkat dan sudah terlebih dahulu di tes. Sedangkan custom ROM adalah ROM modifikasi atau lebih dikenal dengan beta (uji coba) yang dikembangkan menyanyikan pihak pengembang yang diprakarsai produsen jua pengembang outsource (bisa pribadi jua tim), ROM ini sebagai perangkat utama Android yang memakai ROM ini akan mudah beragam bug / kesalahan. Hal yang perlu dikhawatir akan custom ROM yang dapat membuat perangkat Android Anda mati total atau lebih dikenal dengan kata Brick.

Batasan adalah kondisi dimana perangkat Android memiliki stok perangkat ROM atau dapat digunakan untuk melakukan booting OS, umumnya saham ROM secara otomatis hilang atau terformat. Sedangkan softbrick yang digunakan adalah kondisi dimana OS nir bekerja selayaknya, semisalkan saat booting hanya menampilkan logo dan masuk ke menu. Ketika perangkat Android masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka akan lebih baik jika Anda ingin segera ke pusat layanan untuk memperbaikinya.

2.Apakah perlu mengupdate ROM kepada perangkat Android Anda.

Untuk menjawab pertanyaan di atas tergantung kondisi perangkat Android Anda, dalam definisi pembaruan ROM akan memberikan informasi sebagai pembaruan OS semisalkan Pencarian Antarmuka Pengguna, perbaikan bug / kesalahan, perkakas performa perangkat, dan lain-lain. Sedangkan custom ROM yang berbeda berbeda, custom ROM tujuan mengcustomize OS device Android (semisalkan iPhone wanna be, memungkinkan pengguna OS mengubah layaknya iPhone atau perubahan tampilan versi OS semisal dari Android Jellybean sebagai Android KitKat). Sebelum Anda mengupdate ROM dan pastikan Anda untuk benar-benar menemukan perangkat Android Anda, perlukah pengacuan?

Aika dalam bahasa sehari-hari dan perangkat yang Anda gunakan secara normal maka Anda akan memperbarui dan memperbarui ROM. Namun seandainya Anda mencari di mana perangkat Android dan Anda akan melakukan apa yang diperlukan untuk melakukan pencarian untuk kasus yang perangkat Android hadapi. Terkadang perangkat perseteruan mampu dibangun tanpa harus mengupdate ROM yang umumnya sangat perseteruan ada karena adanya penggunanya.

Apabila Anda ingin menuntaskan perseteruan Anda dengan menggunakan update ROM atau sekiranya memang ada pembaruan yang memungkinkan perangkat Android Anda mampu melakukan pembaruan ROM maka pertama-tama cari informasi tentang "changelog" akan ROM yang akan Anda gunakan. Changelog adalah sejarah informasi tentang apa saja pembaruan yang ada untuk memperbaharui ROM tersebut, selesainya Anda membacanya, kemudian mencari informasi untuk orang-orang yang telah melakukan pembaruan ROM seperti perangkat Android mereka bekerja normal atau justru bermasalah.

Hal diatas adalah poin utama sebelum Anda mengupdate ROM, karena pembaruan prosedur memperbarui hal yang terjadi (pembaruan semisalkan ROM rusak atau lainnya) sehingga Anda dapat mengakses kembali ke ROM awal cukup waktu dan merepotkan.3. Apa yang harus dilakukan kompilasi akan mengupdate ROM.

Hal pertama yang Anda lakukan adalah untuk membackup data Anda untuk mewanti-wanti kebutuhan yang diinginkan, seperti nomor kontak dan data file (foto, video). Kiranya kedua hal yang perlu dilakukan backup, perangkat ini sudah ada dan Anda akan menemukan cadangan yang khusus untuk menyimpan di media penyimpanan pribadi Anda (semisalkan PC, eksternal harddisk, dll). Untuk aplikasi yang sudah terinstall, Anda perlu mencadangkan, umumnya menginstal pembaruan ROM berhasil dilakukan dalam kondisi permanen dan juga bekerja normal.

Bila Anda melakukan pembaruan ROM yang mengubah OS dasar (semisalkan dari Android Jellybean ke Android KitKat) maka sebelum Anda melakukan pembaruan maka lakukan dulu wipe cache dan dave link ke recovery mode. Tujuannya untuk kondisi perangkat Android Anda benar-benar bersih dari settingan OS yang lebih lama karena membuat perangkat Android dan perangkat baru (aplikasi yang sudah Anda instal sebelumnya akan hilang).

4. Dimana dan dapatkan informasi dari ROM jua update ROM.

Selalu gunakan informasi yang terpercaya, Anda dapat melihat di website resmi sesuai perangkat merk Android Anda melalui forum, sebagai contoh perangkat yang digunakan penulis Redmi 2:

Forum Mi: en.miui.com/forum.php
Informasi update ROM: http://en.miui.com/thread-135529-1-1.html - [ROM] MIUI 6 Global Stable ROM V6.6.6.0.KHJMICF untuk Redmi 2: Download & Changelog
Unduh ROM Mi: http://en.miui.com/download.html

Informasi apa yang ada di bawah informasi yang memungkinkan pengguna untuk memperbarui, sebagai catatan akhir dari file yang diupdate dari perangkat yang diperlukan untuk Android Anda bekerja normal. Perbarui ROM masuk dalam kategori pendalaman tersembunyi OS Android, memang terlihat praktis akan tetapi seandainya Anda akan membutuhkan hanya akan membangun kasus. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan berikut kekurangan milik Penulis pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 comments:

  1. Hanya menggunakan 1 akun id yang anda daftar sudah dapat menikmati semua permainain yang kami miliki. Yang sangat amat lengkap seperti : Poker, Ceme, Domino QQ, BlackJack, Sakong, capsa susun, Bandar ceme kelilinig, Omaha, Super10 dan Superbull https://www.gamerlaunch.com/community/users/blog/5933642/?mode=view&gid=535

    ReplyDelete
  2. Agen bola Buat memperoleh metode bermain semacam ini, kamu cuma butuh melaksanakan kontak kepada agen yang bersangkutan. Mereka hendak membagikan link unduh buat kamu guna memperoleh aplikasi tersebut.

    ReplyDelete

>